--------------------------------------------------------

PULSA
[BBB] .:BLOG BIOLOGI DAN BISNIS:.
PULSA

BISNIS ONLINE "affiliate marketing", APAKAH HALAL?

Diposting oleh Wiwit Yudiantara On Senin, Juni 08, 2009

Bisnis online masih merupakan jenis bisnis yang belum dianggap umum di Indonesia. Walaupun begitu, sebenarnya bisnis online memiliki potensi penghasilan yang sangat luar biasa. Kenapa? Saya berikan contoh, misal anda membuka sebuah toko buku di daerah kota gede, Yoyakarta. Kemungkinan pelanggan anda hanya berasal dari sekitar kota gede saja. Tetapi bagaimana kalau anda melayani pembelian buku lewat internet? Pasti, market anda berasal dari seluruh Indonesia.

Secara garis besar affiliate marketing itu adalah menjualkan barang milik orang lain. Di bisnis Konvensional, ini mirip seperti seorang seles motor sebuah perusahaan yang menawarkan motor ke orang-orang, kemudian jika motornya laku maka dia akan mendapatkan komisi dengan jumlah tertentu. Affiliate marketing ini sama saja, hanya bedanya kita menjual barang lewat internet.

Di internet marketing biasanya telah disediakan program affiliate, anda akan mendapatkan sebuah affiliate link affiliate link ini adalah link khusus yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan produk anda. Pada link itu terdapat kode khusus yang digunakan oleh pemilik situs untuk mengidentifikasi bahwa penjualan tersebut berasal dari anda.


Bentuk affiliate link sama seperti link dari situs aslinya, hanya di bagian belakang ada tambahan kode khusus. Misalnya anda bergabung dengan situs www.facebook.com maka anda akan mendapatkan affiliate link yang bentuknya kurang lebih seperti ini www.facebook.com/?id=anda. Anda lihat pada bagian belakang link ada “id=anda”. Nah ini lah yang saya sebut kode khusus tadi. Kode ini akan membedakan anda dari affiliate lainnya.

Saya ingin mencoba mengupas salah satu bisnis online yang saya miliki, misalnya FOrmulaBISnis. Apakah bisnis online seperti FOrmulaBISnis itu Halal…? Salah satu ciri bisnis yang halal adalah adanya produk yang jelas untuk diperjual-belikan. Dan dalam hal ini produk SMUO adalah komoditas yang diperjual-belikan. Dalam adab jual beli secara syariah harus ada akad antara penjual dan pembeli, namun karena ini sifatnya adalah bisnis online, maka pengisian formulir pendaftaran member dapat dipersamakan sebagai akad/persetujuan. Selain itu FOrmulaBISnis juga tidak termasuk salah satu bentuk bisnis MLM, arisan berantai, atau money game. FOrmulaBISnis tidak berkaitan dengan hal tersebut. Konsep kami cukup sederhana, kami punya informasi dan menjualnya kepada anda. Itu saja. Secara offline, ini seperti saya menjual buku kepada anda. Cuma bedanya, media dan metode pemasaran kami murni melalui internet/online.[www.wiwityudiantara.co.cc | Blog referensi Biologi dan informasi Bisnis online]



10 Response to "BISNIS ONLINE "affiliate marketing", APAKAH HALAL?"

  1. aguscwid Said,

    alhamdulillah.Go Affiliate! Salam persahabatn

     

  2. BBM Said,

    Tergantung Mas Klo SMUO dah di jamin halal Mas, salam kenal dan salam hangat dari BBM

     

  3. zilla Said,

    informasi yang bagus.. mas..

     

  4. marurat Said,

    siapa yang tak kenal dengan affiliate pasti tidak akan pernah sekaya yang sudah mengikuti dan menghasilkan buah dari konsep bisnis ini. kalau bisa saya katakan bahwa affiliate bisnis yg cukup mudah tapi tidak semudah yang kita bayangkan.

    salam marurat.com

     

  5. @ aguscwid
    Go Affiliate juga, salam kenal juga ya...

    @ BBM
    Salam kenal juga dari BBB, nama kita hampir sama mas, semoga bisa saya bisa menjadi sahabat yang baik

    @ zilla
    Terimakasih sdr. zilla, salam kenal dari BBB

    @ marurat
    betul mas, tapi paling tidak penghasilan kita bisa mendekati yang punya program affiliate ini, Oia salam kenal juga ya...

     

  6. Ahmad Kholil Said,

    Untuk mengetahui apakah halal/haram harus di rumuskan terlebih dahulu Kang..? lam kenal...kabeh

     

  7. M. Ansori Said,

    Bisnis online sebetulnya hampir sama dengan bisnis offline. Semakin banyak orang tahu apa yang anda jual, kemungkinan akan banyak pula orang yang akan beli.

    Salam hangat...

     

  8. Unknown Said,

    hebat mas.. main2 deh ke blog saya.. ada review blog joko susilo di www.mashengky.com

     


  9. Rakhmat Said,

    Salam kenal.
    Insya Allah bisnis berikut ini halal.
    Klik aja http://www.scret-body.com/hidden/?id=cantik

     

Posting Komentar

--------www.wiwityudiantara.co.cc--------


Materi Iklan menjadi tanggung jawab masing-masing Pemasang Iklan.